Search
Monday 16 July 2018
  • :
  • :

Tetap Semangat Berpuasa Walaupun Mengikuti MOS

Rantau, MTsN 1 CLU – Setelah melakukan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2014/2015, pihak MTsN 1 Candi Laras Utara (MTsN 1 CLU) mengadakan Masa Orientasi Siswa (MOS) yang dilaksanakan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1435 H. Pelaksanaan MOS ini dikonsentrasikan di ruangan musholla MTsN 1 CLU tanggal 7 Juli dan 8 Juli 2014. Walaupun hanya dua hari, namun kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan arti madrasah serta segala kegiatan pembelajaran dan hal-hal lain yang berkenaan dengan MTsN 1 CLU ini.

MTsN 1 CLU pada tahun ajaran 2014/2015 ini menerima siswa baru sebanyak 88 orang siswa-siswi, dari tempat yang beragam mulai dari candi laras utara dan selatan, marampiau serta wilayah pariok dan sekitarnya.  Hal ini dianggap sudah memenuhi target dari pelaksanaan PPDB tersebut walaupun terdapat penurunan pada jumlah masuknya siswa dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 100 orang.

Tetap Semangat Berpuasa Walaupun Mengikuti MOS

MOS yang bertepatan dengan bulan Ramadhan ini, lebih difokuskan dengan tambahan siraman rohani. Agenda kegiatan pada hari pertama (07/07/14) setelah dibuka oleh ketua panitia MOS yaitu Norjani, S.Pd.I yang menegaskan kepada para siswa, agar setelah  para siswa baru memasuki tingkatan lebih tinggi setelah bersekolah dasar, maka kiranya harus lebih aktif lagi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. “Di madrasah ini jangan sampai tertinggal dalam hal meraih prestasi, dan tentunya akan selalu ada reward yang kami berikan ketika kalian mempunyai prestasi,” kata Norjani.

Pada sesi materi pun para siswa tetap semangat dalam mengikuti kegiatan, hal ini terlihat pada antusias siswa yang mengikuti materi pengenalan tentang madrasah, tata tertib serta hak dan kewajiban siswa dimadrasah yang dipaparkan secara jelas oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Alfiannor, S.Sos.I.

Dan antusias tetap berlanjut pada materi siraman rohani yang diisi langsung oleh salah satu guru MTsN 1 CLU yaitu Muhammad Yamani, S.Ag. Dimana dalam isi materinya beliau mengingatkan agar semua lebih menghormati orang yang lebih tua dari pada kita terutama kepada orang tua kita. “Mengingat apa yang telah orang tua kita berikan pastinya takkan sanggup untuk kita membalasnya, setidaknya dengan tidak melukai perasaan mereka kita sudah mampu menjadi anak yang berbakti kepada orang tua,” ucap Yamani pada sesi materi tersebut.

Untuk sesi terakhir pada pelaksanaan MOS ini ditutup dengan kegiatan Tadarus Alquran bersama yang dipimpin langsung oleh Syahran, S.Pd. serta melakukan shalat dzuhur berjamaah di musholla MTsN 1 CLU. “Tidak ada hal-hal yang akan memberatkan siswa dalam mengikuti masa orientasi ini, terlebih sekarang kita harus selalu menjaga puasa kita. Jadi, jangan takut untuk sampai tidak berpuasa ketika mengikuti kegiatan ini,” tambah Norjani disambutannya ketika membuka pelaksanaan MOS. (Rep: Andy; Ft: Hj. Pahriah).

Tulisan bisa di akses di web kalsel.kemenag



Hadirnya situs ini membuktikan bahwa MTsN 1 Candi Laras Utara sangat memperhatikan dan berkeinginan kuat untuk memajukan IPTEK di Madrasah tercinta ini. Semoga dengan adanya situs ini akan mampu memberikan informasi tentang keberadaan MTsN 1 Candi Laras Utara yang merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Tapin dan lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *