Search
Thursday 25 April 2024
  • :
  • :

Jumat Berkah dan Sosialisasi Filariasis

MTsN 1 CLU - Jumat Berkah & Sosialisasi Filariasis

Rantau – MTsN 1 CLU. Kegiatan mingguan setiap hari jum’at yang dinamakan Jum’at Berkah selalu dilakukan di MTsN 1 Candi Laras Utara, dengan tujuan untuk menanamkan kesadaran serta menumbuhkan keimanan kepada berbagai pihak di MTsN 1 CLU ini diisi dengan banyak kegiatan diantaranya ketika mengawali setiap hari jum’at ini para siswa dan pendidik serta karyawan harus berkumpul di musholla madrasah. Walau daya tampungnya hanya sekitar ±100 orang namun tidak menghalangi berlangsungnya kegiatan tersebut. Penggunaan ruang kelas serta pelataran pun menjadi pilihan untuk terlaksananya kegiatan ini. Kegiatan yang diawali dengan membaca yasin dan ayat serta doa pilihan lainnya yang dilanjutkan dengan shalat dhuha berjama’ah sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan dilingkungan MTsN 1 CLU.

Tidak hanya berhenti setelah kegiatan dimushalla, para siswa tetap diajarkan pula arti pentingnya bersedekah untuk berbagi kepada sesama. Dikatakan oleh Hendri Fauzi Asmi selaku Kepala OSIS MTsN 1 CLU yang mengerahkan berbagai anggota OSIS untuk mengumpulkan sedekah ditiap kelas bahwa tujuan dari sedekah jum’at ini mulia, kita mengajarkan untuk berbagi kepada sesama, membantu kepada yang membutuhkan dan menyisihkan sebagian dari rezeki yang didapat sehingga nantinya tidak berfoya-foya dalam kegelimangan harta.

Adapun untuk dana yang terkumpul dari sedekah jum’at dari para guru, karyawan serta anak didik di MTsN 1 CLU disalurkan untuk berbagai kepentingan. MTsN 1 CLU yang diwakili langsung oleh para OSISnya pernah membantu pengobatan mata orang tua siswa hingga sumbangan-sumbangan lainnya kepada yang membutuhkan. Hal ini guna menanamkan arti pentingnya kebersamaan dan indahnya pahala yang didapat dari rezeki yang disisihkan.

Tak hanya kegiatan jum’at berkah saja yang berlangsung di MTsN 1 CLU pada Jum’at (22/08/14) tapi sosialisasi Filariasis yang merupakan penyakit menular kronik yang disebabkan sumbatan cacing filaria di kelenjar/saluran getah bening atau biasa dikenal dengan penyakit kaki gajah ini pun langsung dilakukan oleh Kepala Madrasah MTsN 1 CLU.

“Menindak lanjuti dari surat edaran dari dinas kesehatan melalui puskesmas di daerah kita atas penyebaran penyakit filariasis / kaki gajah ini maka kita semua baik dewan guru, karyawan hingga para murid diharuskan untuk mendatangi puskesmas atau posko-posko kesehatan disekitar tempat tinggalnya untuk meminum obat yang telah disediakan. Kita tidak ingin menjadi korban berikutnya, apalagi untuk generasi penerus bangsa yang siap mengharumkan nama madrasah,” ungkap Drs. Hamsi Yahya. (Rep: Andy / Ft: Baihaki)

 

Tulisan bisa di akses di web kemenag.go.id



Hadirnya situs ini membuktikan bahwa MTsN 1 Candi Laras Utara sangat memperhatikan dan berkeinginan kuat untuk memajukan IPTEK di Madrasah tercinta ini. Semoga dengan adanya situs ini akan mampu memberikan informasi tentang keberadaan MTsN 1 Candi Laras Utara yang merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Tapin dan lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *