Search
Monday 21 May 2018
  • :
  • :

Evaluasi Pembelajaran Jadikan Acuan Perbaikan Pendidikan

Evaluasi-Pembelajaran-Jadikan-Acuan-Perbaikan-Pendidikan

Rantau – MTsN 1 CLU. Proses evaluasi menjadi perhatian utama dalam setiap pelaksanaan pembelajaran. Adapun untuk kurikulum 2013 yang saat ini digunakan memiliki berbagai metode penilaian yang harus dilakukan, mulai dari penilaian akademik, sikap hingga aspek-aspek lainnya. Dan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) proses penilaian kurikulum 2013 (05/09/14) yang dipandu langsung oleh salah seorang dewan guru berpengalaman pihak MTsN 1 Candi Laras Utara berharap kedepannya tidak lagi menghadapi kendala dalam melakukan proses evaluasi.

kamad MTsN 1 CLU dalam sambutannya ketika hendak memulai kegiatan Bimtek mengharapkan dengan bimbingan teknis ini, semua dapat lebih memahami lagi arti pentingnya pendidikan.  “Dengan proses evaluasi yang akan menjadi acuan untuk perbaikan pendidikan maka kiranya kurikulum 2013 tidak lagi menjadi hambatan untuk semua dewan guru dalam melakukan proses pembelajaran,” ucap Drs. H. Hamsi Yahya selaku Kamad.

Para dewan guru pun menyambut antusias proses bimbingan ini, terlihat semuanya lengkap dengan perangkat notebooknya masing-masing. Setelah materi penilaian dan hal-hal yang diperlukan lainnya diberikan maka para peserta langsung mencoba bagaimana cara menggunakannya sembari diberikan panduan oleh pemateri. “Wah, tidak menyangka ada banyak proses evaluasi yang harus kita lakukan. Namun dengan adanya bimtek ini jadi semakin terbuka dan memahami berbagai proses evaluasi yang harus kita lakukan dalam penerapan kurikulum 2013 ini,” ungkap Nazirruddin Rahimi selaku Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) bidang Kurikulum yang merasa terkejut dengan beberapa poin penting dalam penilaian yang harus terpenuhi.

Fadholi Atmaja selaku pemateri pun menjelaskan dengan terperinci serta terarah dalam memberikan bimbingan. “Kiranya kita sudah terbiasa dengan proses evaluasi dengan format analisis butir soal, jadi untuk pengisian proses evaluasi ini ada beberapa poin lainnya yang memang harus dilakukan observasi, penilaian portofolio serta penilaian-penilaian lain yang sifatnya non akademik. Dan itupun sepertinya tidak menjadi kendala ketika kita melakukannya dengan bertahap tidak ditumpuk ketika akhir masa pembelajaran,” kata Fadholi.

“Saya berharap bimtek ini dapat dilakukan kembali dengan materi-materi lainnya, selain proses evaluasi maka untuk proses pembelajaran seperti pembuatan media presentasi pembelajaran pun akan kita lakukan, walau itu semua kita lakukan secara mandiri dengan pemberdayaan SDM yang ada namun kedepannya kita bisa melakukan dengan waktu lebih panjang sehingga tingkat ketercapaiannya menjadi sempurna dan menjadikan diri kita semua jadi lebih profesional lagi,” tambah Kamad. (Rep/Ft : Andy)

Tulisan bisa di akses di portal kalsel.kemenag.



Hadirnya situs ini membuktikan bahwa MTsN 1 Candi Laras Utara sangat memperhatikan dan berkeinginan kuat untuk memajukan IPTEK di Madrasah tercinta ini. Semoga dengan adanya situs ini akan mampu memberikan informasi tentang keberadaan MTsN 1 Candi Laras Utara yang merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Tapin dan lainnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *